Cara Berbahasa Inggris dengan Keyakinan dalam 9 Langkah Mudah

Cara Berbahasa Inggris dengan Keyakinan dalam 9 Langkah Mudah


Baca juga info : kursus bahasa inggris

Apakah Anda masih merasa gugup saat berbicara bahasa Inggris dengan orang lain meskipun Anda telah lama belajar bahasa Inggris? Jangan khawatir, kamu tidak sendiri.

Sama seperti Anda, banyak orang yang belajar bahasa Inggris tidak berlatih berbicara sesering yang mereka mau karena mereka takut melakukan kesalahan atau ditertawakan.

Jangan khawatir - bahkan penutur asli bahasa Inggris kadang membuat kesalahan, dan tidak ada yang akan menertawakan Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan bahasa Inggris Anda, Anda harus percaya diri dengan kemampuan Anda. Berikut adalah 9 cara mudah untuk mendapatkan kepercayaan pada kemampuan Anda berbahasa Inggris. Anda akan berbicara dengan lancar jika Anda mengikuti langkah-langkah ini secara teratur.
Baca juga info : info kursus bahasa inggris

1. Bergabunglah dengan Forum Online yang Menggunakan Bahasa Inggris
Bergabung dengan forum online berarti Anda dapat berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk mempraktikkan bahasa Inggris Anda di luar kelas tanpa membiarkan kenyamanan di rumah Anda sendiri.
Beberapa tip:
  •     Jika Anda gugup dengan orang yang mencari tahu, buat profil anonim.
  •     Temukan forum yang memiliki topik yang Anda minati. Jika Anda tidak yakin, pikirkan hobi dan minat Anda: mungkin fotografi, perjalanan, acara TV, film, atau memasak? Semakin Anda tertarik pada sesuatu, semakin besar kemungkinan Anda akan termotivasi untuk berpartisipasi dalam forum.
  •     Mulailah dengan membaca diskusi yang sedang berlangsung. Setelah 2 atau 3 minggu mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang diposkan orang lain dan berkontribusi dalam diskusi. Anda bahkan dapat memposting pertanyaan Anda sendiri di forum dan menanggapi jawaban yang Anda dapatkan. 
2. Membaca Teks dengan Suara Keras
Kelancaran membaca hanyalah kemampuan membaca buku atau teks dengan jelas. Anda memperbaiki kesalahan pengucapan Anda sampai Anda tidak membuat kesalahan.
Baca juga info : info biaya kursus bahasa inggris
Semakin Anda mempraktekkan kelancaran, semakin yakin Anda akan memiliki karena memberi Anda lingkungan yang aman untuk berlatih, meningkatkan kecepatan membaca Anda, dan memproses kata-kata dengan lebih cepat.

Jika Anda gugup berbicara di depan orang lain, mulailah membaca dengan lantang diri Anda sendiri di rumah. Saat Anda merasa lebih percaya diri, mintalah seorang guru atau pembicara bahasa Inggris asli untuk memberi umpan balik tentang kosa kata yang lebih maju.

Bagaimana memulai:
  •     Pilih teks yang panjangnya sekitar 75-200 kata. Pilihlah sesuatu yang menurut Anda bisa Anda baca dengan mudah, seperti buku dari salah satu kelas bahasa Inggris Anda, atau bahkan buku yang direkomendasikan oleh seorang teman.
  •     Tanyakan kepada guru atau seseorang yang Anda kenal dengan bahasa Inggris yang sangat baik jika mereka bisa membaca teks dengan keras saat Anda merekamnya. Anda juga dapat memilih klip dari film atau acara TV untuk dipraktekkan jika Anda mau.
  •     Dengarkan rekaman saat membaca teks secara bersamaan.
  •     Berlatih membaca dengan rekaman sampai Anda yakin.
  •     Catat suara Anda sendiri. Dengarkan dan bandingkan.
  •     Temukan teks lain untuk dibaca dan ulangi 5 langkah pertama.

Anda dapat mengembangkan kefasihan Anda dengan membaca bahkan hanya dalam 5 atau 10 menit sehari dengan kecepatan Anda sendiri, dan topik topik apa saja yang paling Anda sukai (saya tidak merekomendasikan Shakespeare!).


3. Buat Teman dengan Ekspatriat Berbicara Bahasa Inggris
Semakin Anda berlatih, semakin Anda akan percaya pada kemampuan berbahasa Inggris Anda. Cara terbaik untuk berlatih bahasa Inggris (dan menikmatinya!) Adalah berteman dengan orang-orang yang hanya bisa berbahasa Inggris.

Anda kemudian dipaksa untuk berbicara dengan mereka dalam bahasa Inggris, daripada mengandalkan bahasa ibu Anda. Teman tidak ada di sana untuk menilai Anda dan kemampuan bahasa Inggris Anda. Yang mereka inginkan hanyalah bertemu orang baru di daerah setempat.

Saran tentang cara membuat teman berbahasa Inggris:

    Bergabunglah dengan kelompok jaringan profesional, atau tempat-tempat yang menjadi tuan rumah acara internasional seperti malam bioskop internasional, atau klub dan bar. Banyak dari ini akan memiliki campuran lokal dan ekspatriat.
    Temukan situs web expat di wilayah Anda. Untuk memulai, Anda bisa menemukannya di sini dan di sini. Banyak yang akan mengirim profil dan bahkan menawarkan sesi pertukaran bahasa. Anda bisa mengajari mereka bahasa ibu Anda dan mereka akan dengan senang hati membantu Anda melatih bahasa Inggris Anda.
    Poskan profil di situs web ekspat yang menawarkan layanan pertukaran bahasa, atau mengapa tidak mengirimkan beberapa saran bermanfaat untuk orang-orang yang baru tiba di wilayah Anda.

4. Percayai Guru Anda
Jika Anda mengikuti kursus, ingatlah bahwa guru Anda ada di sana untuk menciptakan lingkungan yang aman agar Anda bisa belajar dari kesalahan Anda.

Ya, kesalahan itu bagus!

Membuat kesalahan sangat penting karena Anda dapat melihat area mana yang perlu Anda kerjakan. Kuncinya adalah mencoba untuk tidak membuat kesalahan yang sama dua kali.

Tidak ada yang mengolok-olok Anda. Anda dapat yakin bahwa guru Anda bekerja keras untuk memastikan bahwa Anda mencapai potensi penuh Anda.

Guru Anda juga ada di sana untuk merayakan prestasi Anda. Mereka ingin mendorong Anda untuk terus berlatih, dan akan memberi tahu Anda apa yang Anda lakukan dengan benar.

Jika Anda ingin merasa lebih nyaman di kelas, cobalah mengenal guru Anda dengan lebih baik. Tidak apa-apa untuk mengajukan pertanyaan pribadi seperti hobi mereka atau mengapa mereka memutuskan untuk menjadi seorang guru. Jika Anda berbagi informasi tentang diri Anda, Anda akan merasa lebih nyaman berbagi rasa frustrasi Anda tentang belajar bahasa Inggris.

5. Bekerja di Kelompok Lima atau Lebih Kecil
Banyak orang menjadi sangat gugup jika harus berbicara di depan khalayak luas. Cobalah berbicara bahasa Inggris dengan orang lain dalam kelompok yang lebih kecil untuk membangun kepercayaan diri Anda.

Bagikan kesalahan atau cerita tentang miskomunikasi satu sama lain. Semakin Anda menertawakan betapa lucu jenis kesalahan ini, semakin sedikit Anda akan merasa takut.

Bagaimana menemukan kelompok kecil untuk bekerja dengan:

    Temukan sekolah, pusat komunitas lokal, perguruan tinggi atau perpustakaan yang menawarkan kelas percakapan.
    Jika Anda sudah terdaftar dalam kursus, mintalah guru Anda jika dia dapat mengatur peserta untuk bekerja dalam kelompok kecil.
    Mintalah beberapa peserta kursus Anda jika mereka ingin berlatih di luar kelas. Beberapa saran bisa termasuk saat makan siang, setelah bekerja, atau selama akhir pekan.
    Anda dapat memulai grup Anda sendiri dengan memasang iklan di papan pengumuman di kantor atau perpustakaan setempat, di situs Craigslist atau situs iklan baris favorit Anda.
    Bergabunglah dengan klub percakapan yang ada di daerah Anda

6. Bergabunglah dengan Kelompok Percakapan Online

Ada ratusan grup percakapan bahasa online. Situs web ini adalah pilihan tepat karena Anda dapat berkomunikasi dengan penutur asli atau asli bahasa Inggris di rumah Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat profil, jam yang tersedia, dan bagaimana seseorang dapat menghubungi Anda.

Program seperti Skype atau Google Talk adalah pilihan bagus untuk dipertimbangkan karena banyak orang di seluruh dunia sudah menggunakan program ini. Beberapa situs web memiliki program obrolan langsung yang memudahkan Anda berinteraksi dengan banyak orang secara online.

Untuk memanfaatkan waktu Anda dengan tepat, tentukan topik sebelum benar-benar bertemu. Anda bisa mempersiapkan diri dengan melihat kosakata terkait atau pertanyaan yang ingin Anda tanyakan. Jangan lupa untuk bersantai dan menikmati pengalaman.

Untuk memulai, inilah daftar grup percakapan di Skype (diperlukan log). Silakan pilih satu sekarang - kami akan menunggumu ...

Jangan terlalu menekan diri sendiri. Jika Anda menikmatinya, kemungkinan besar Anda akan kembali di masa depan.
 
7. Jangan pergi ke luar
Semakin cepat Anda mencoba belajar bahasa Inggris, semakin banyak tekanan yang akan Anda lakukan pada diri Anda sendiri. Kuncinya adalah mempermudah belajar bahasa Inggris dengan sedikit tekanan. Anda akan merasa kurang gugup saat melakukan kesalahan (dan ingat, kesalahan itu baik!).

Tips:

    Abaikan sasaran Anda menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Misalnya, jika Anda ingin mempelajari 100 kata baru setiap bulan, bisakah Anda berfokus untuk mempelajari 25 kata baru dalam seminggu? Apakah itu terdengar lebih mudah jika Anda berfokus pada belajar 5 kata baru setiap hari?
    Ubah tujuan Anda jika perlu. Jika Anda merasa sibuk membaca buku berbahasa Inggris setiap bulan, misalnya Anda bisa fokus membaca dua artikel surat kabar kecil. Setiap beberapa minggu, evaluasi ulang tujuan Anda untuk melihat apakah Anda perlu menambah atau mengurangi jumlah pembacaan yang Anda lakukan.

8. Hindari Penundaan

Adalah wajar untuk menunda-nunda, terutama jika Anda tidak merasa benar-benar yakin dengan apa yang Anda lakukan.

 
3 cara untuk berhenti menunda-nunda:

    Jadwalkan saat Anda akan berlatih bahasa Inggris. Beritahu teman dan keluarga jadwal Anda dan mintalah mereka bertanya kepada Anda setiap akhir minggu tentang apa yang telah Anda pelajari. Tekanan rekan bisa menjadi motivator yang hebat karena mengetahui bahwa orang lain akan memeriksa kemajuan Anda benar-benar membuat Anda belajar (atau menjelaskan mengapa Anda tidak melakukannya!).
    Hargai diri Anda setiap akhir minggu bahwa Anda tetap pada jadwal belajar Anda. Ini akan memotivasi Anda dengan memberi Anda sesuatu yang nyata untuk diharapkan setiap saat Anda tidak ingin berlatih bahasa Inggris.
    Minta pasangan yang juga belajar bahasa Inggris. Katakan pada mereka tujuan Anda dan mereka melakukan hal yang sama dengan tujuan mereka. Pada akhir minggu atau bulan, beritahu mereka berapa banyak yang telah Anda kembangkan. Anda bahkan dapat berbagi rasa frustrasi dengan pasangan Anda dan saling memberi saran dan tip. Masalah yang dibagikan adalah masalah dibelah dua!

9. Ingat Mengapa Anda Ingin Belajar Bahasa Inggris
Adalah wajar jika merasa frustrasi jika Anda tidak yakin bahwa Anda sedang maju. Kapan pun Anda merasakannya, penting untuk mengingatkan diri Anda mengapa Anda mulai belajar bahasa Inggris.

Namun, jangan mengandalkan tujuan eksternal untuk memotivasi diri sendiri. Sebaliknya, Anda perlu mencari tahu mengapa Anda ingin belajar bahasa Inggris untuk Anda sendiri.

Misalnya, Anda ingin memperbaiki bahasa Inggris Anda karena karir Anda. Jadi Anda bisa mendapatkan promosi yang selalu Anda inginkan. Anda ingin promosi itu agar Anda bisa mendapatkan gaji lebih besar dan mampu membayar iuran universitas anak Anda ...

Apa motivasi Anda untuk belajar bahasa Inggris?

Tips:

  •     Buatlah visual: tuliskan tujuan Anda dalam bahasa Inggris dan bahasa ibu Anda. Tambahkan foto dari setiap tujuan yang Anda miliki, seperti foto keluarga, liburan, atau foto Anda di meja ruang rapat, atau logo perusahaan tempat Anda ingin bekerja, atau bendera negara yang akan
  • Anda kunjungi suka tinggal di dalamnya. Letakkan ini (Anda bisa membuat sebanyak yang 
  • Anda suka) di mana Anda akan melihatnya paling sering - di lemari es, di samping komputer 
  • Anda, atau di samping cermin kamar mandi Anda. Setiap kali melihatnya, bacalah ungkapan itu dengan lantang dan renungkan tujuan Anda.
    Tetapkan pengingat konstan: sesuatu yang semudah menyetel pengingat setiap hari di ponsel atau Outlook Anda akan membantu. Kuncinya adalah selalu diingatkan dan pikirkan tujuan Anda.
Sekarang giliranmu!

Jika Anda menindaklanjuti dengan 9 tips ini, dalam 2 atau 3 bulan Anda akan melihat perbedaan besar dalam kepercayaan diri dan kelancaran Anda.

Anda ingin berbagi apa yang telah Anda pelajari dengan teman dan keluarga Anda. Keyakinan Anda yang meningkat bahkan bisa memberi Anda promosi yang Anda impikan, atau membuat beberapa teman berbahasa Inggris yang hebat.

Mulailah dengan memilih 3 tip yang menurut Anda bisa Anda terapkan hari ini. Cetak artikel ini dan taruh di tempat yang sering Anda lihat. Setel pengingat setiap minggu untuk meninjau kiat di artikel ini dan bagaimana Anda bisa menerapkannya.

Jadi mana 3 tips yang telah kamu pilih? Apakah ada tips lain? Mengapa tidak memberi tahu kami di komentar di bawah ini, kami ingin mendengar kabar dari Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Lempar ke Era Awal Pembajakan

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Berbicara di Rumah

Mentega Terbaik dan Terburuk dari Toko Grocery.