Cara Berbicara dengan Benar dan Menguasai Seni Percakapan

Cara Berbicara dengan Benar dan Menguasai Seni Percakapan


Belajar bagaimana berbicara dengan benar adalah tentang mengembangkan keterampilan pidato dan percakapan hebat yang meningkatkan citra pribadi dan profesional Anda. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa menguasai seni percakapan dan mengucapkan selamat tinggal pada Ummmms, Errrrrs dan jeda yang panjang saat Anda berbicara dengan teman, keluarga, dan rekan kerja Anda di telepon atau tatap muka. Anda akan terkejut betapa besar perbedaan kemampuan berbicara yang bisa dilakukan dalam hidup Anda!
Baca juga info : kursus bahasa inggris

1) Jangan bicara terlalu cepat

Salah satu kesalahan paling umum yang kita buat adalah berbicara terlalu cepat. Entah itu diluar kegembiraan atau karena kebiasaan, berbincang cepat tidak hanya bisa menyulitkan pendengar untuk mengerti tapi juga membuat orang mengejek Anda. Berbicara cepat juga bisa dianggap sebagai tanda kegugupan. Jadi salah satu hal pertama yang perlu Anda ingat dalam perjalanan ini untuk mengembangkan kemampuan berbicara yang baik adalah berbicara perlahan dengan kecepatan yang mudah dimengerti dan Anda dapat mengucapkan setiap kata dengan jelas.

2) Jangan bicara terlalu pelan

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa beberapa orator and conversationalists terbaik memiliki kemampuan untuk benar-benar melemparkan suara mereka pada Anda? Itu karena mereka tidak berbicara terlalu pelan. Berbicara pelan mungkin dianggap tidak percaya diri, bersikap introvert, atau hanya merasa gugup. Berbicara tegas dan dengan suara keras meletakkan fondasi yang kuat untuk bagaimana pendengar Anda akan menganggap Anda sebagai pribadi. Membawa suara yang nyaring dan tegas tapi jangan membuatnya terlalu jelas lagi orang akan mengira Anda berteriak bukan berbicara.

3) Pikirkan sebelum Anda berbicara - Siapkan jika perlu

"Berbicara lebih cepat dari yang bisa Anda pikirkan" bukanlah sebuah kalimat yang keluar dari buku bantuan diri tapi dari praktik sehari-hari banyak dari kita. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana bos atau manajer Anda di tempat kerja jarang mengatakan hal-hal yang mereka sesali katakan kemudian? Itu karena mereka menjaga otak mereka selangkah lebih maju dari bahasa lidah mereka dan bukan sebaliknya. Orang-orang yang mengembangkan keterampilan penting ini sering diberi tag sebagai "Switched On" karena mereka sepenuhnya menyadari apa yang mereka bicarakan dan menguasai bahasa lidah mereka sepenuhnya. Gagasan untuk secara aktif mengelola untuk berpikir sebelum Anda berbicara mungkin sangat kecil untuk dikhawatirkan, tapi begitu Anda melakukan usaha yang disengaja untuk melakukannya, Anda akan menyadari betapa konyolnya hal itu!
Baca juga info : info kursus bahasa inggris

4) Ummmmm, Errrrr, aaaaa dan lama tidak berhenti bicara

Situasi 1

Kathy: "Hai John, inilah laporan kinerja saya dari minggu lalu"

John: "Kenapa penjualan terlalu rendah? Sudahkah Anda memasukkan jumlah jam yang dibutuhkan?"

Kathy: "Ummmmm, saya punya ummmmm sudah seminggu yang buruk"

John: "Jadi apa yang mendorong penjualan turun?"

Kathy: "Ummmmm kebijakan penjualan baru (lama jeda) .Immmm sulit untuk disampaikan kepada klien"

John: "Baiklah, itu tidak cukup baik, saya tidak mengharapkan Anda memberikan alasan"
Situasi 2

Kathy: "Hai John, inilah laporan kinerja saya dari minggu lalu"

John: "Kenapa penjualan terlalu rendah? Sudahkah Anda memasukkan jumlah jam yang dibutuhkan?"

Kathy: "Ini minggu yang buruk John"

John: "Jadi apa yang mendorong penjualan turun?"

Kathy: "Perubahan dalam kebijakan penjualan telah membuat sulit untuk meyakinkan klien Kita harus memikirkan jalan di sekitar ini segera"

John: "Baiklah, biarkan aku memikirkannya dan kita akan mengadakan rapat tim di sore hari.


Apakah Anda memperhatikan bagaimana nada dan efektivitas Kathy secara drastis mempengaruhi bagaimana pendengarnya, dalam hal ini manajernya John 'merasakan apa yang dia katakan? Jeda panjang dan terdengar seperti ummmmm dan errrrr sering dianggap tanda kegugupan, kurang pengetahuan dan kurang percaya diri. Jika Anda menggunakan ini banyak saat Anda berbicara, potonglah karena tidak ada nilainya dalam percakapan Anda. Menggunakannya sesekali umumnya dapat diterima jika semua kalimat Anda mengandung ummmmms, kesalahan dan jeda yang panjang, Anda akan membuang air untuk semua usaha untuk meningkatkan kemampuan berbicara Anda.
5) Dengarkan orator yang baik

Cara pasif untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah mendengarkan orator yang baik dan secara aktif mengambil tip dengan memikirkannya

Nada apa yang mereka gunakan saat berbicara?

Pada titik apa mereka memberikan jeda yang disengaja?

Bahasa tubuh apa yang mereka pertahankan saat bercakap-cakap?

Bagaimana mereka menangani argumen?

Bagaimana reaksi mereka terhadap komentar ofensif?

Bagaimana mereka berbicara saat menangani situasi yang sulit?

Mendengarkan orator yang baik apakah mereka memberikan pidato publik, terlibat dalam debat atau sekadar melakukan percakapan akan memungkinkan Anda untuk melakukan introspeksi dan berhubungan dengan unsur keterampilan percakapan Anda sendiri terhadap mereka. Cara mereka berbicara bisa menjadi referensi bagus yang memberi jangkar di benak Anda tentang cara berbicara dengan benar.
Baca juga info : info biaya kursus bahasa inggris
6) Mintalah keluarga Anda untuk mengomel Anda setiap kali Anda goyah

Banyak yang diingatkan setiap kali Anda mulai goyah dalam berbicara Anda adalah dengan membuat orang lain merasa terganggu. Mereka bisa menjadi anggota keluarga atau orang-orang tercinta yang akan menaruh minat tulus untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan bicara dan percakapan Anda. Pastikan Anda memilih orang yang tepat karena hal terakhir yang Anda butuhkan adalah seseorang yang mengejek Anda daripada membantu Anda.
7) Catat diri Anda memiliki percakapan

Sudahkah kamu mendengarkan dirimu sendiri? Jika belum, bersiaplah untuk mendapat kejutan besar. Mendengarkan suara sendiri seringkali bisa menjadi pembuka mata utama dan membuat Anda berpikir "Wow, apakah saya terdengar seperti itu?" Saat menjadi jijik, mendengarkan diri sendiri juga dapat membantu Anda menunjukkan di mana Anda salah saat berbicara. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi tempat di mana Anda mengambil jeda yang panjang atau mengingatkan Anda seberapa sering Anda menyertakan ummmmm dan errrrrs saat berbicara. Catat diri Anda memiliki percakapan dan introspeksi normal tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki diri.

Cara: Anda tidak perlu mendapatkan perekam suara profesional atau mikrofon khusus untuk merekam suara Anda sendiri. Jika Anda menggunakan ponsel yang telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinannya memiliki fitur perekaman built in. Gunakan untuk merekam pembicaraan Anda dari hari ke hari atau bahkan percakapan telepon.

8) Latih kata-kata yang sulit

Jika ada kata-kata tertentu yang menyebabkan cegukan saat Anda berbicara, satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka adalah mendengarkan cara yang benar untuk mengatakannya dan mempraktikkannya berulang-ulang sampai Anda mengatakannya dengan benar. Ini mungkin terdengar seperti kembali ke taman kanak-kanak, tapi jika itu yang diperlukan untuk berbicara dengan sempurna, itulah yang harus Anda lakukan.
9) Menjaga bahasa tubuh yang baik saat berbicara

Bahasa tubuh memainkan peran penting dalam menentukan seberapa efektif kemampuan berbicara Anda. Mari kita lihat 3 elemen kunci bahasa tubuh yang mempengaruhi kemampuan percakapan Anda.

Kontak mata: Kesalahan umum yang banyak dilakukan saat terlibat dalam percakapan adalah dengan berpaling dari pendengar atau penonton? Apakah kamu juga melakukan itu? Jangan, karena melihat ke mata seseorang saat mengambilnya umumnya dianggap sebagai tanda kepercayaan diri.

Postur tubuh: Postur tubuh yang baik dan punggung lurus merupakan dasar bahasa tubuh yang solid. Hindari membungkuk atau terkulai saat Anda bercakap-cakap.

Twitching: Berkedip terus menerus, apakah itu jari, ekspresi wajah atau gerakan kaki, bisa menjadi dampak negatif pada kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan baik. Twitching umumnya dianggap sebagai tanda orang yang tidak tenang, percaya diri dan kuat menuju.

10) Jangan berlatih berbicara dengan benar, biasakan

Salah satu hal mendasar yang perlu Anda pahami secara aktif adalah bahwa belajar berbicara dengan benar bukanlah tindakan, ini adalah cara hidup. Anda tidak akan bisa secara ajaib memasang saklar di otak Anda yang akan membantu Anda berbicara dengan benar saat Anda membutuhkannya dan kemudian mematikannya bila tidak melakukannya. Jadi, apakah Anda berada di perusahaan teman atau pasangan Anda saat Anda membiarkan semua penjaga Anda turun, pastikan bahwa Anda secara aktif mengendalikan kebiasaan dari apa yang Anda katakan, bagaimana mengatakannya dan kapan Anda mengatakannya. Jangan mengharapkan perubahan semalam dan magis. Menguasai seni percakapan dan berbicara dengan benar adalah perjalanan belajar jangka panjang yang akan menguntungkan Anda sepanjang sisa hidup Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Lempar ke Era Awal Pembajakan

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Berbicara di Rumah

Mentega Terbaik dan Terburuk dari Toko Grocery.