SEJARAH SEKTOR TRANSPORTASI

SEJARAH SEKTOR TRANSPORTASI


Transportasi kuno

Bentuk pertama transportasi itu, tentu saja, kuda poni Shanks (kaki manusia!). Namun orang akhirnya belajar menggunakan hewan untuk transportasi. Keledai dan kuda mungkin dijinakkan antara 4.000 dan 3.000 SM (jelas tanggal pastinya tidak diketahui). Unta dijinakkan sedikit kemudian antara 3.000 sampai 2.000 SM.
Baca juga info : kursus bahasa inggris

Sementara sekitar 3.500 SM roda itu ditemukan di tempat yang sekarang bernama Irak. Pada roda pertama terbuat dari potongan kayu padat yang disatukan membentuk lingkaran tapi setelah 2.000 SM mereka dibuat dengan jari-jari.

Perahu paling awal digali dari sampan. Orang menyalakan api di atas kayu besar lalu menaruhnya dan menggali kayu yang terbakar.

Sekitar 3.100 SM orang-orang Mesir menemukan kapal layar. Mereka terbuat dari bundel buluh papirus yang diikat. Mereka memiliki layar persegi sederhana yang terbuat dari lembaran papirus atau linen lenan. Namun layar hanya bisa digunakan saat berlayar satu arah. Saat bepergian melawan angin, perahu harus didayung.

Sekitar 2.700 SM orang-orang Mesir mulai menggunakan kapal kayu untuk diperdagangkan melalui laut. Kapal-kapal awal dikemudikan dengan dayung panjang.
Transportasi Romawi

Bangsa Romawi terkenal dengan jaringan jalan yang mereka bangun di Kekaisaran. Legiun Romawi membangun mereka sehingga tentara Romawi bisa berbaris dari satu bagian kekaisaran ke yang lain dengan cepat. Orang kaya berjalan dengan kuda atau dalam perjalanan jauh dengan gerobak tertutup. Terkadang mereka dibawa ke dalam tandu (kursi di antara dua tiang panjang).

Transportasi dengan air juga penting bagi orang Romawi. Mereka membangun kapal dagang besar yang disebut kortia, yang bisa membawa muatan sampai 1.000 ton.
Baca juga info : info kursus bahasa inggris

Kapal-kapal Romawi memiliki satu tiang utama, yang membawa layar persegi panjang, meskipun beberapa kapal juga memiliki layar kecil di haluan dan buritan. Kapal-kapal Romawi tidak memiliki kemudi. Sebaliknya mereka dikendarai oleh dayung. Bangsa Romawi juga membangun mercusuar untuk membantu pengiriman.
Transportasi di Abad Pertengahan

Setelah jatuhnya transportasi Roma menjadi lebih primitif. Jalan-jalan di Eropa kembali menjadi jalur tanah yang sederhana, yang berubah menjadi lumpur di Musim Dingin. Di Abad Pertengahan orang kaya kadang-kadang melakukan perjalanan di gerobak tertutup. Mereka pasti sangat tidak nyaman karena mereka tidak memiliki suspensi dan jalanan bergelombang dan rutted. Orang lain melakukan perjalanan di sebuah kotak di antara dua kutub. Dua ekor kuda, satu di depan dan satu di belakang membawanya. Mereka dilatih untuk berjalan dengan kecepatan yang sama.
Baca juga info : info biaya kursus bahasa inggris
Namun di laut sejumlah penemuan berguna dibuat. Orang Cina menemukan kompas sejarah berabad-abad sebelum digunakan di Eropa. Namun pada abad ke-12 orang Eropa telah belajar menggunakannya. Juga pada abad ke-12 orang Eropa menemukan kemudi. (Orang Cina secara mandiri menemukannya berabad-abad sebelumnya). Rudder membuat kapal lebih mudah dikendalikan. Selanjutnya pembuatan kapal Abad Pertengahan menjadi jauh lebih maju dan pada abad ke 15 kapal dibuat dengan 3 tiang.
Transportasi di abad ke-16

Di kali Tudor transportasi masih lamban dan tidak nyaman. Jalan-jalan masih hanya jalur tanah. Orang-orang seharusnya, secara hukum, menghabiskan beberapa hari memperbaiki jalan-jalan lokal tapi tidak mungkin mereka berhasil dengan baik! Orang-orang bepergian dengan kuda. Anda bisa naik sendiri atau Anda bisa menyewa kuda.

Di Tudor kali Anda akan beruntung jika bisa bepergian 50 atau 60 kilometer sehari. Biasanya butuh waktu seminggu untuk melakukan perjalanan dari London ke Plymouth. Namun orang kaya sengaja menempuh perjalanan perlahan. Mereka merasa tidak masuk ke terburu-buru dan mereka mengambil waktu mereka.

Barang kadang diangkut dengan pak kuda (kuda dengan tas di sisi mereka). Juga pengangkut dengan gerobak tertutup membawa barang dan terkadang penumpang. Namun bila memungkinkan orang lebih suka mengangkut barang dengan air. Di sekitar Inggris ada 'perdagangan pantai'. Barang dari satu bagian negara, seperti batu bara, dibawa melalui laut ke bagian lain.
Transportasi di abad ke-17

Transportasi dan komunikasi meningkat pada abad ke-17. Pada tahun 1600, pos kerajaan secara eksklusif digunakan untuk membawa korespondensi raja. Namun pada tahun 1635, untuk mengumpulkan uang, Charles mengizinkan anggota masyarakat membayar utusannya untuk membawa surat. Ini adalah awal dari surat kerajaan.

Dari pertengahan perhelatan abad ke-17 berjalan teratur antara kota-kota besar. Namun mereka sangat mahal dan mereka pasti sangat tidak nyaman tanpa mata air di jalan yang kasar. Ada juga bahaya penjahat.

Pada 1663 jalan Turnpike pertama dibuka. Anda harus membayar untuk menggunakannya. Sementara di kota orang kaya dibawa di kursi sedan.

Transportasi di abad ke-18

Transportasi meningkat pesat pada abad ke-18. Kelompok orang kaya membentuk trust turnpike. Kisah Para Rasul DPR memberi mereka hak untuk memperbaiki dan memelihara jalan tertentu. Wisatawan harus membayar tol untuk menggunakannya. Jalan tol pertama diciptakan pada awal tahun 1663 namun jalannya jauh lebih umum di abad ke-18.

Pengangkutan barang juga menjadi lebih mudah dengan menggali kanal. Pada awal abad ke-18 barang itu sering diangkut dengan pak kuda. Pindah barang berat itu sangat mahal. Namun pada tahun 1759 Duke of Bridgewater memutuskan untuk membangun sebuah kanal untuk membawa batubara dari tanah miliknya ke Worsley ke Manchester. Dia mempekerjakan seorang insinyur bernama James Brindley. Saat itu selesai kanal Bridgewater dibelah dua harga batu bara di Manchester. Banyak lagi kanal yang digali pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Mereka memainkan peran penting dalam revolusi industri dengan membuatnya lebih murah untuk mengangkut barang.


Sementara di Prancis, saudara Montgolfier menemukan balon udara panas pada tahun 1783. Balon hidrogen juga ditemukan pada tahun 1783. Pada tahun 1785 dua pria, Jean-Pierre Blanchard dan John Jeffries terbang melintasi Selat Inggris dengan balon hidrogen.
Transportasi di abad ke-19
 

Sejarah pada pertengahan abad ke 19 transportasi direvolusi oleh kereta api. Mereka melakukan perjalanan jauh lebih cepat. (Mereka juga menghilangkan bahaya penjahat). Kereta api Stockton dan Darlington dibuka pada tahun 1825. Namun, kereta api utama pertama adalah dari Liverpool ke Manchester. Ini dibuka pada tahun 1830. Pada tahun 1840-an terjadi ledakan besar dalam membangun kereta api dan sebagian besar kota di Inggris terhubung. Pada akhir abad 19 banyak jalur cabang dibangun menghubungkan banyak desa.

Kereta api bawah tanah pertama di Inggris dibangun di London pada tahun 1863. Kereta kereta ditarik dengan kereta api uap. Kereta bawah tanah listrik pertama mulai beroperasi di London pada tahun 1890. Central Line dibuka pada tahun 1900. Garis Bakerloo dan Jalur Piccadilly dibuka pada tahun 1906. Sementara Metro Paris dibuka pada tahun 1900.

Dari tahun 1829 boneka omnibus yang ditarik kuda mulai berlari di London. Mereka segera menyusul di kota-kota lain. Pada tahun 1860-an dan kereta kuda yang ditarik 1870-an mulai berjalan di banyak kota. Sementara lampu lalu lintas pertama dipasang di London pada tahun 1868. Mereka bekerja dengan gas dan sayangnya mereka segera meledak.

Karl Benz dan Gottlieb Daimler membuat mobil pertama di tahun 1885 dan 1886. Sepeda motor itu dipatenkan pada tahun 1885. Juga pada tahun 1880-an, sepeda pengaman ditemukan dan bersepeda segera menjadi hobi yang populer.

Sementara di laut abad ke-19 transportasi direvolusi oleh kapal uap. Pada 1815 kapal uap melintasi Selat Inggris. Savannah menjadi kapal uap pertama yang melintasi Atlantik pada tahun 1819. Selanjutnya, dibutuhkan beberapa minggu untuk menyeberangi Atlantik. Kemudian pada tahun 1838 sebuah kapal uap bernama Sirius melakukan perjalanan dalam 19 hari. Namun uap tidak sepenuhnya menggantikan layar sampai akhir abad ke-19 saat turbin uap digunakan di kapal.
Transportasi di abad ke-20

Transportasi sangat meningkat selama abad ke-20. Meski mobil pertama muncul pada akhir abad ke-19 setelah Perang Dunia I mereka menjadi lebih murah dan lebih umum. Namun pada tahun 1940 hanya sekitar satu dari 10 keluarga di Inggris yang memiliki mobil. Mereka meningkat jumlahnya setelah Perang Dunia II. Pada tahun 1959 32% rumah tangga memiliki mobil. Namun mobil hanya menjadi sangat umum di tahun 1960an. Pada tahun 1970-an mayoritas keluarga memilikinya.

Pada tahun 1903 sebuah batas kecepatan 20 MPH diperkenalkan di Inggris. Itu dihapuskan pada tahun 1930. Namun pada tahun 1934 sebuah batas kecepatan 30 MPH di daerah built-up diperkenalkan. Lampu lalu lintas listrik pertama ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1914. Di Inggris lampu lalu lintas listrik pertama dipasang di London pada tahun 1925. Asuransi untuk pengendara dibuat wajib pada tahun 1931. Sebuah tes mengemudi diperkenalkan pada tahun 1934. Juga pada tahun 1934 Percy Shaw menemukan mata kucing Sementara itu, di Inggris AA dibentuk pada tahun 1905.

Meter parkir ditemukan oleh seorang Amerika bernama Carlton Magee. Yang pertama dipasang di Amerika Serikat pada tahun 1935. Yang pertama di Inggris dipasang pada tahun 1958. Kemudian pada tahun 1959 orang Swedia bernama Nils Bohlin mengembangkan sabuk pengaman tiga titik. Pada tahun 1983 mengenakan sabuk pengaman dibuat wajib di Inggris. Penjepit roda diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1983 dan kamera kecepatan pada tahun 1992.

Sementara di Inggris pada tahun 1936 Belisha Beacons diperkenalkan untuk membuat penyeberangan jalan lebih aman. Penyeberangan zebra pertama diperkenalkan pada tahun 1949. Pelarian pelikan modern berasal dari tahun 1969 dan pria dan wanita lollipop pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969.

Pada tahun 1931 seorang Amerika bernama Rolla N. Harger menemukan breathalyzer pertama. Ini pertama kali digunakan di Indianapolis Amerika Serikat pada tahun 1939. Di Inggris garis kuning ganda di sisi jalan yang berarti tidak ada parkir yang diperkenalkan pada tahun 1958.
Sementara di trem yang tertangkap kereta api abad ke-19 berjalan di banyak kota di Inggris. Pada awal abad ke-20 mereka mengalami gempa. Namun di sebagian besar trem kota telah dihapus pada tahun 1930an. Mereka berbelok ke bis, bis motor atau bis troli, yang berada di atas kabel overhead. Trolleybuses, pada gilirannya dihapus pada tahun 1950an. Ironisnya pada akhir abad ke-20 beberapa kota mengenalkan kembali perkeretaapian ringan.

Pada pertengahan abad ke-20 ada jaringan kereta cabang yang luas di Inggris. Namun pada tahun 1963 seorang menteri bernama Dr. Beeching menutup banyak dari mereka.

The hovercraft ditemukan pada tahun 1955. Layanan penumpang hovercraft pertama dimulai pada tahun 1962.

Sementara bentuk transportasi yang sama sekali baru dimulai. Pada tahun 1919 pesawat mulai membawa penumpang antara London dan Paris. (Penerbangan pesawat pertama di Inggris dibuat pada tahun 1908). Layanan jet penumpang pertama dimulai pada tahun 1952.

Namun pada awal abad 20 penerbangan adalah beberapa orang mewah yang mampu. Selanjutnya hanya sebagian kecil yang mampu melakukan perjalanan ke luar negeri. Hari libur asing hanya menjadi umum di tahun 1960an.

Boeing 747, jet jumbo pertama diperkenalkan pada tahun 1970 dan The Channel Tunnel dibuka pada tahun 1994.
Transportasi di abad 21

Langkah selanjutnya dalam transportasi mungkin akan penerbangan angkasa suborbital komersial. Saat ini masih di masa depan dan pada awalnya pasti akan sangat mahal tapi pada akhirnya akan menjadi cukup murah bagi orang biasa untuk membeli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Lempar ke Era Awal Pembajakan

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Berbicara di Rumah

Mentega Terbaik dan Terburuk dari Toko Grocery.